Cara Membuat Daftar Isi dengan Headings di Word

Halo halo sahabat berbagi? Bagaimana kabarnya?



Pernahkah sahabat membuat tugas sekolah atau makalah atau sebuah karya yang terdiri dari banyak BAB dan Sub BAB atau bahkan Sub Sub Bab? Pasti lelah kan buat men-scroll banyak halaman untuk membuat daftar isi?


Misalkan contoh susunan makalah seperti ini :


Nah, beneran banget mumpung admin juga sedang membuat suatu karya kerja proyek yang banyak tulisan, banyak gambar dan intinya banyak lah. Hehehe.

Berikut sedikit tips yang admin dapat bagikan agar sahabat bisa melakukan pembuatan daftar isi secara otomatis. Fitur yang digunakan ialah “Heading di Microsoft Office Word”

Keunggulan memakai heading menurut admin ialah
  • Yang pastinya bisa mengupdate otomatis halaman daftar isi jika banyak melakukan perubahan halama
  • Bisa menavigasikan ke bab/sub bab yang dituju dengan CTRL+Klik
Admin dalam hal ini menggunakan Microsoft Office Word 2013 :

1. Pastikan Navigation di Word sudah tampil yang biasanya terletak di sebelah kiri. Untuk menampilkannya bisa dengan CTRL + F (Mencari). Kemudian klik “Headings”



2. Untuk Kata pengantar, Daftar Isi, Motto, BAB I Pendahuluan karena pada makalah/skripsi setara letaknya sama tepat ditengah-tengah pilih Heading 1. Maka tulisan akan berwarna biru dan font, fontsize juga berubah menjadi Calibri.


  • Eits jangan panik dulu. Bisa dirubah seperti biasanya kok, atur sesuai kebutuhan.
  • Jika sudah berhasil maka akan tampil di navigation sebelah kiri


3. Untuk latar belakang, rumusan masalah, tujuan, manfaat dan saran pilih Heading 2


4. Nah, langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi otomatis. Yaitu dengan cara Prefrences >> Table of Contents >> biasanya admin pilih yang paling atas.


5. Nah akhirnya jadi deh membuat daftar isi otomatis. Untuk mengupdate halaman dapat dilakukan dengan cara klik kanan >> Update Field


Sekian postingan dari admin tentang Heading di Microsoft Word 2013. Untuk tutorial cara pembuatan Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran akan dijelaskan pada kesempatan lain kali ya.... Trims

Jika tutorial ini masih kurang jelas buat sahabat bisa ditanyakan pada kolom komentar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »